Menebar ilmu | berbagi informasi | dan tegakan sunah

Wikipedia vs Encyclopaedia

Sampai sekarang ini, Wikipedia telah menyajikan sekitar 2.020.000 lebih artikel dalam bahasa Inggris dan lebih dari 3,6 juta lebih artikel dari bahasa lain yang ada di seluruh dunia. Untuk Wikipedia versi Indonesia, telah menyajikan hampir 67 ribu artikel dengan 48 ribu lebih pengguna yang terdaftar.

Jumlah ini mengalahkan Encyclopaedia Britannica yang memuat lebih dari 120 ribu artikel online di situsnya, atau The Encarta Reference Library yang hanya memuat sekitar lebih dari 75 ribu artikel.

Karena sifatnya yang open-content, maka menjadi sasaran kritik dari berbagai pihak, terutama pihak yang menganut ensiklopedia tradisional. Mereka beranggapan bahwa sifatnya yang open-content ini akan merusak isi informasi yang ada, dan cenderung untuk dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan tertentu.

Namun,beberapa tahun yang lalu seorang remaja berusia 12 tahun menemukan beberapa kesalahan di Encyclopaedia Britannica, namun perbaikannya baru bisa dilakukan saat ensiklopedia tersebut dicetak ulang.
Sedangkan apabila hal tersebut terjadi di Wikipedia, maka perbaikan tersebut dapat dilakukan segera!

Para pengritik Wikipedia ternyata tidak pernah menyerah. Para penganut ensiklopedia tradisional ini menganggap Wikipedia tidak akan mampu membuat standar baku dalam penulisan artikelnya, seperti yang dilakukan oleh ensiklopedia tradisional pada umumnya.

Namun kritikan itu dijawab dengan tampilan Wikipedia yang lebih komprehensif. Wikipedia tidak hanya berisi artikel-artikel belaka, tapi juga menyediakan link-link lain dari sumber yang berbeda untuk dijadikan referensi pembanding, sehingga sifatnya lebih kepada peta jelajah. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa Wikipedia tidak 100% memberi jaminan akurasi terhadap suatu artikel. Inilah justru kelebihan dari Wikipedia dibanding ensiklopedia tradisional.

 Pertempuran Wikipedia versus Encyclopaedia Britannica ternyata memang sudah mencapai taraf yang ‘kekanak-kanakan'. Coba saja kalau Anda membuka Wikipedia dan mengetikkan kata ‘Encyclopaedia Britannica', maka akan muncul ulasan mengenai ensiklopedia ini. Namun cobalah Anda melakukan hal yang sebaliknya, bukalah situs Encyclopaedia Britannica dan ketikkan nama ‘Wikipedia', maka sampai mati pun Anda tidak akan menemukan arti kata tersebut!

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar