Menebar ilmu | berbagi informasi | dan tegakan sunah

kerja di internet kerja di internet

Cara Mendaftar ke Alexa Traffik


Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi yang saya ketahui apa itu Alexa traffik dan cara mendaftarkan ke Alexa traffik. "Alexa traffik; merupakan salah satu cara dasar untuk mengetahui perkembangan traffic blog/website yang kita kelola,tetapiTidak semua subdomain ( blogger.com, wordpress.com, blog.com,dll ) bisa memiliki Alexa rank independen karena memang tidak dibuat sebagai struktur terpisah dari domain induk.
Jika anda menggunakan subdomain seperti yg telah disebutkan, anda dapat menggunakan layanan Alexa.
Sedangkan blog-blog dengan subdomain non independen serta bergantung pada domain induk adalah mywapblog.com, multiply.com, dll.
Subdomain berjenis seperti yg terakhir memiliki ranking traffic (alexa) yg menginduk pada subdomain, sehingga semua blog akan memiliki alexa rank yg sama.


 Berikut langkah-langkah pendaftaran blog/website di Alexa:
1.  Masuk ke http://www.alexa.com/


2.  Kemudian pilih tab 'Site Tools'.

3.  Klik 'Claim Your Site'.


4.  Masukkan url blog/website anda, kemudian klik 'Claim your site'.


5.  Daftar terlebih dahulu untuk login, atau untuk praktisnya bisa langsung login dengan account Facebook yang terletak di    
        sebelah kanan form login.

 6. Kemudian masuk ke halaman verifikasi. Terdapat dua cara, yaitu dengan mengupload HTML ke direktori root blog (ini jika anda punya hosting sendiri) atau masukkan meta key Alexa yang terdapat pada opsi kedua. Gunakan opsi kedua      agar lebih cepar dan mudah. Caranya: copy meta key-nya dan paste di template HTML anda. Letakkan di antara <head>       dan </head>, agar cepat termuat letakkan di bagian atas (dekat <head>) setelah meta keyword dan meta description              blog     anda. Kemudian save template.

7.  Kembali ke halaman Alexa tadi dan klik 'Verify my meta tag'. Jika berhasil akan ada informasi yang menunjukkan bahwa
     anda telah berhasil meng-klaim blog anda.

8.   Dapatkan widget Alexa untuk dipasang. Masuk ke 'Site Tools' lagi dan pilih 'Alexa Site Widgets'.

9.    Ada beberapa jenis widget disana, anda tinggal memilih mana yang mau anda pasang di blog, masukkan url blog, dan   copy kodenya.

10.  Masuk ke halaman design >> page elements, klik add gadget,  dan pilih add HTML/Javascript, paste kode ke dalam         kolomnya, dan save. Letakkan di sisi halaman yang diinginkan, lalu save lagi.


Setelah selesai, anda dapat memantau rank/peringkat secara langsung dari widget Alexa di blog dan juga melakukan cara meningkatkan rank/peringkat Alexa blog.

ARTIKEL TERKAIT: