Menebar ilmu | berbagi informasi | dan tegakan sunah

kerja di internet kerja di internet

cara mengupgrade / modifikasi motor Supra x100


Di dunia otomotif memang gak bakalan ada habisnya bahkan motor sekalem den selembut Supra x 100 pun bisa menjadi korban dari modifikasi.

Untuk membuat motor Honda Supra x 100 kencang, kebanyakan mekanik melakukan beberapa upgrade antara lain menaikkan kompresi, meningkatkan pengapian, memperbesar efisiensi volumetris lalu diikuti setting suplai bahan bakar (karburator).Biasanya dengan memodifikasi motor seperti ini sudah terasa beda dari sebelumnya dan cukup untuk harian.

Berikut penjelasan cara mengupgrade/modifikasi motor Supra x100 :
Kompresi

Menaikkan kompresi bisa dilakukan dengan papas head/blok, ganti piston jenong atau dengan piston yang berdiameter yang lebih besar seperti Yamaha Jupiter Z 51 mm, Honda Karisma 52,4 mm, Kawasaki Kaze 53 mm, Kawasaki Blitz Joy 56 mm lalu ganti paking lebih tipis.. Tapi jangan terlampau tinggi karena masih dipakai harian.Patokan kompresi jangan lebih dari 11 : 1 Misal Bisa pangkas blok antara 0,3 sampai 0,5 mm Atau, bisa saja dengan mengurangi tebal paking blok dan head. Misal dari 0,6 mm diganti 0,3 mm. Lumayan bisa mendekin 0,3 mm. Baru kekurangannya ditambah lewat pangkasan. Kalaupun mau pangkas, mending pilih salah satu saja. Mau blok atau kepala silinder. (data persisnya sebaiknya memperhatikan posisi piston ketika di TMA).
Pengapian

Upgrade pengapian bisa dilakukan dengan mengganti CDI. Otak pengapian bawaan Supra x 100 masih dilengkapi limiter. Silahkan ganti produk aftermarket yang unlimit seperti BRT, XP atau lainnya. Bisa juga dengan Penggantian busi dan koil,tetapi itu hanya bisa untuk memperbaiki kualitas percikan api dan tidak menambah limiter pengapian.

Porting polish

porting/polish pada saluran masuk dan buang di kepala silinder. Intinya bikin aliran gas pembakaran dari venuri karburator menuju ruang bakar lebih smoot dan tanpa titik mati (atau hambatan).

Settingan Karburator

Disini lebih pada proses jeting atau penggantian spuyer kecil dan besar (pilot jet dan main jet) sesuai permintaan mesin.Kalau masih kurang bisa di tambah dengan mengganti gear/suproket yang lebih kecil, biasanya diganti menggunakan gear punya astrea grand sudah cukup. Penggunaan ban juga jangan terlalu besar.





Dengan sedikit setingan seperti yang di jelaskan di atas di jamin tenaga mesin Honda supra x 100 temen-temen akan berbeda drastis dari sebelumnya.

ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar: